Get to Know You

Selamat datang!
Assalamu'alaikum.. Salam sejahtera :')



Game ini didesain untuk..

Usia     :  segala usia, namun lebih tepat untuk diterapkan pada usia anak dan remaja (SD atau SMP)

Tujuan  : 
  • bereksplorasi mengenai emosi dan belajar untuk berempati pada satu teman dan lainnya.
  • melatih agar anak mampu untuk berbicara didepan umum (bila dilakukan secara kelompok)
  • mengenal dan mengingatkan untuk berhati-hati dalam berperilaku sesama manusia
  • ice-breaking
Alat dan Bahan :
  1. Kertas yang berisi kata 10 emosi, yaitu : senang, marah, kaget, sedih, kecewa, takut, syukur, bahagia, lega, dan bingung. (boleh dikurangi atau ditambahkan). Masing-masing kertas berisi satu kode emosi.
  2. Kertas kosong (apabila terdiri dari banyak peserta - lebih dari 10 - maka akan diperlukan kertas kosong)
  3. Musik untuk mengiringi permainan.

Pelaksanaan :
  1. Penyaji meminta peserta untuk berdiri melingkar atau membentuk huruf U.
  2. Membagikan kertas berisi emosi yang sudah dilipat dan membaginya pada peserta tanpa memperbolehkan peserta untuk membukanya. Apabila peserta terlalu banyak (lebih dari 10), maka sediakan kertas kosong agar semua peserta mendapatkan kertas yang telah dilipat.
  3. Setelah semua peserta mendapatkan kertas, maka berikan instruksi, yaitu memberikan kertas yang ia pegang ke teman yang ada disebelahnya seiring dengan alunan musik secara bersama-sama pada ketukan yang sama. Apabila musik berhenti, maka peserta diminta untuk membuka kertas yang ia dapatkan dan mengatakan emosi apa yang ia dapat.
  4. Penyaji memberikan instruksi lebih lanjut, "Siapa yang mendapatkan emosi senang?" kemudian menanyai lagi, "Apa yang paling membuat kamu senang?" setelah peserta menyatakan, penyaji menulisnya di papan tulis atau sebuah kertas catatan milihnya (membagi antara emosi positif dan negatif). Kemudian dilanjutkan dengan emosi berikutnya sampai selesai. Penyaji dapat mengulangnya sampai 3 kali, boleh lebih namun tidak disarankan karena nanti pesertanya bisa bosan :D
  5. Setelah selesai, penyaji dapat menanyai peserta untuk mengambil hikmah/ refleksi atas game yang baru saja dilakukan.

Refleksi :
  • Memahami keberagaman emosi manusia dan orang dapat marah atau senang dengan alasan yang berbeda-beda
  • Lebih peka dengan sekitar
  • Tidak meremehkan emosi orang lain
  • Saling mengenal satu sama lain
  • Lebih berhati-hati dalam mengatakan atau melakukan sesuatu

Demikian game buatan ala saya ini. Maaf apabila kurang jelas atau kurang sempurna. Jika ingin bertanya, silahkan bertanya di komentar! Semoga bermanfaat ya :)

Wassalamu'alaikum!

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Trial and Error

Bulan Purnama